Senin, 21 Januari 2013

JELLY BEAN ANDROID VS ICE CREAM SANDWICH

PENGANTAR KOMPUTER


Nama          : I PUTU JULIAN ADI PUTRA
NIM  : 1215813040
No     : 20
Kls    :  UPW1 B
Prodi : Usaha PerjalananWisata
                                      
PoliteknikNegeri Bali
2012/2013



KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kita ucapkan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa karena atas asungwara kerta nugraha-Nya penulis mampu menyelesaikan paper yang bertemakanAndroid Jelly Bean vs Android Ice Cram sandwich. Penulisan dan penyusunan makalah ini bertujuan untuk lebih memahami tentang fitur fitur teknologi terbaru, khususnya di system operasi Android. Dalam penyusunan makalah ini penulis melakukan pengolahan dari berbagai narasumber.
Dalam penulisan dan penyusunan paper ini penulis menyadari masih terdapat beberapa kekurangan oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari semua pihak agar lebih baik dalam penyusunan makalah berikutnya. Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang membutuhkan. Akhir kata penulis menyampaikan Terima Kasih.








Jimbaran, 13 Januari 2013


Penulis            













                                                           
DAFTAR ISI
JUDUL……………………………………………….………………………………….. i
DAFTAR ISI…………………………………………….……………………………….ii
  KATA PENGANTAR.………………………………………………….......................iii
BAB I PENDAHULUAN…..……………………………………………………………1
BAB II PEMBAHASAN………………………..……………………………………….3
2.1 FEATURE TERBARU DI JELLY BEAN……………………………………..3
VIDEO FITUR TERBARU JELLY BEAN..........................................................................3
BAB III PENUTUP…………………………………………………….……………….10
  3.1 KESIMPULAN…………………………………………………………….....10
 3.2 REFERENSI…………………………………………………………………..10


                                                                           BAB I PENDAHULUAN 
                             

Jelly Bean , Up date OS Android terbaru ni memang masih belum banyak dimiliki oleh para pengguna Android , jika di presentasikan mungkin baru hanya sekitar 1 % dari seluruh pengguna android OS. Memang angka ini akan terus menanjak seiring dengan banyaknya perangkat android baru yang dibuat dan juga Android lama yang akan segera mendapatkan up date dari masing masing pembuat Android. Samasung , Sony dan HTC sudah mengumumkan untuk masing masing smartphone keluaran mereka untuk segera mendapatkan up date jelly bean. Tahukan teman teman teman , dari data survey bahwa saat ini pengguna terbesar android masih di pegang oleh Android Ginger Bread yang di ikuti oleh Ice cream sandwich.

Google memang cepat untuk meberikan up date terbaru untuk sistem operasinya yang open source, tapi tidak memaksa produsen smartphone yang memakai android untuk mau memberikan up date untuk tiap tiap HH yang dikeluarkan oleh para produsen smartphone android , 

Google resmi memamerkan sistem operasi generasi terbaru dari Android yaitu Android Jelly Bean. Sistem operasi terbaru ini pertama kali diperkenalkan dalam acara Google I/O di San Francisco, Amerika Serikat.
Sistem Operasi ini ditenggarai memiliki sejumlah fitur yang telah disempurnakan dari generasi Android sebelumnya. Ada beberapa perubahan besar dan perubahan kecil membuat Android Jelly Bean terlihat lebih 'enak' dibanding Andriod Ice Cream Sanwich (ICS).
Tapi tahukan teman teman perbedaan mendasar dari Up date Jelly bean dengan Ice cream sandwich ? berikut ini adalah fitur fitur yang dibenamkan pada android jelly bean , diantaranya 

  BAB II
2.1 FEATURE TERBARU DI JELLY BEAN : 
1. Google Now
Fitur unggulan  Android Jelly Bean adalah  Google Now. Google Now merupakakan apliksi berbasis lokasi, pengguna akan disugguhkan banyak informasi.
Google Now mampu bekerja memakai history dari browser, kalender serta lokasi pengguna. Sehingga dipercaya memberikan informasi yang lebih maksimal bagi setiap penggunanya.
Google Now dikatakan akan memberikan kepada pengguna informasi yang tepat pada saat yang tepat pula. Informasi dalam Google Now disajikan dalam bentuk kartu-kartu informasi yang merepresentasikan beberapa jenis informasi yang berbeda-beda seperti cuaca, lokasi, skor olahraga dan sebagainya.

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengaktifkan Google Now untuk perangkat baik ponsel maupun tablet yang menjalankan Android Jelly Bean:
INPUT - OUTPUT - PROSES
• Silakan geser ke atas ikon setengah lingkaran atau semi circle yang muncul ketika ponsel dalam posisi terkunci. 

• Setelah itu, teman - teman akan diminta untuk melakukan pengaturan Google Now untuk pertama kalinya. teman - teman tinggal pilih Next hingga muncul pesan “Get Google Now”. Silakan pilih “Yes I’m In” untuk memulai setting Google Now.


• Untuk mendapatkan jenis informasi yang teman - teman cari silakan pilih “Show Sample Cards”, maka akan tampil kartu-kartu informasi yang tersedia.


• Silakan pilih “settings” dan geser ikon ke arah kanan untuk mengaktifkan kartu tersebut.


• Pada menu “settings” terdapat beberapa item yang disesuaikan dengan kartu informasi yang dipilih. Contohnya ketika teman- teman memilih Weather atau cuaca, maka teman - teman dapat menentukan lokasi, notifikasi, satuan suhu yang dipakai serta “card appears”. Card Appears memungkinkan teman - teman untuk menentukan kemunculan info cuaca yang diinginkan apakah setiap saat, di pagi hari atau di malam hari.



2.Notifications
Bar notifikasi yang ada di Android Jelly Bean kini dibuat lebih instan dan menarik. Katakanlah ketika pengguna mendapat panggilan tak terjawab ataupun mendapat SMS, maka untuk menelpon atau membaca (membalas) SMS kembali, pengguna bisa melakukannnya melalui bar notifikasi tersebut.
. Anda juga dapat menelepon langsung dengan memilih “telepon”. Sementara itu ketika Anda menerima email masuk, maka Anda dapat melihat preview dari email tersebut.

















3.Face Unlock dengan Liveness Check

Face Unlock sebelumnya sudah dikenalkan pada up date android sebelumnya pada versi Ice Cream Sandwich. Namun begitu, teman - teman semua tentu telah tahu bahwa Face Unlock dapat dengan mudah dikelabui menggunakan foto. Oleh karena itu pada update Android yang terbaru ini, Google menambahkan fitur Liveness Check yang mengharuskan pengguna mengedipkan matanya untuk membuka kunci layar. Jika pengguna tidak mengedipkan mata, Jelly Bean akan mengharuskan teman - teman untuk memasukkan password atau pola sesuai dengan pengaturan yang Anda lakukan saat fitur Face Unlock diaktifkan.





4. Mematikan notifikasi untuk aplikasi tertentu tanpa menghapusnya

Pada up date Jelly Bean teman teman dapat mematikan notifikasi tanpa harus melakukan proses uninstal aplikasi tersebut. Untuk mematikan notifikasi yang berlaku pada aplikasi tertentu, silakan ikuti tips berikut:
o Tekan menu dan masuk ke “kelola apl”
o Pilih aplikasi yang ingin Anda matikan notifikasinya
o Hilangkan tanda centang pada “tampilkan pemberitahuan”




















 5. Project Butter

           Project Butter adalah code name  untuk sebuah proyek yang dilakukan oleh Google untuk meningkatkan kemampuan dan fitur antarmuka pada Android 4.1 Jelly Bean. Selain itu juga untuk meningkatkan kemampuan sistem operasi tersebut untuk memanfaatkan resource dari hardware yang dipakai pada sebuah perangkat Android. Salah satunya adalah peningkatan frame rate yang mencapai 60 fps, artinya pergerakan animasi pada layar akan menjadi lebih mulus dari sebelumnya.
      Efisiensi kinerja CPU juga diutamakan pada Android 4.1 Jelly Bean sehingga akan lebih hemat daya. Sedangkan teknologi “Triple buffer” untuk menggabungkan kinerja dari hardware, prosesor dan pengolah grafis sehingga menjadi lebih cepat.




VIDEO FITUR TERBARU JELLY BEAN




       BAB III
     PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
            Google memang cepat untuk meberikan up date terbaru untuk sistem operasinya yang open source, tapi tidak memaksa produsen smartphone yang memakai android untuk mau memberikan up date untuk tiap tiap HH yang dikeluarkan oleh para produsen smartphone android , 

Google resmi memamerkan sistem operasi generasi terbaru dari Android yaitu Android Jelly Bean. Sistem operasi terbaru ini pertama kali diperkenalkan dalam acara Google I/O di San Francisco, Amerika Serikat.
Sistem Operasi ini ditenggarai memiliki sejumlah fitur yang telah disempurnakan dari generasi Android sebelumnya. Ada beberapa perubahan besar dan perubahan kecil membuat Android Jelly Bean terlihat lebih 'enak' dibanding Andriod Ice Cream Sanwich (ICS).
 REFERENSI :

3 komentar:

  1. Ane upgrade iCS ke Jlly bean,,,eh malah screenshoot pd tablet ane hilang,so gmn cara mengembalikan k bntuk smula,,,cz tombol screen shoot ane hilang gan,mohon bantuanya

    BalasHapus
  2. Screenshot dengan cara menekan tombol power dan volume down secara bersamaan,selamat mencoba

    BalasHapus